EXPO : Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera 2017

expo aksis

Sejak ditandatanganinya kerjasama debt-for-nature antara Pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat pada tahun 2010, program TFCA-Sumatera telah mengintervensi 12 lansekap konservasi prioritas mulai dari Aceh hingga Lampung. Tidak kurang dari 56 lembaga mitra (LSM, KSM, Perguruan Tinggi) telah terlibat untuk mengimplementasikan program penguatan kebijakan pengelolaan kawasan, program perlindungan dan pengamanan kawasan, program penyelamatan spesies kunci serta program pengelolaan hutan berbasis masyarakat.

Selama 7 tahun perjalanan program ada beragam inisiatif, inovasi, maupun produk yang dihasilkan mitra dan penerima manfaat (masyarakat). Hasil dari kerja-kerja konservasi ini ingin kami bagikan sekaligus diperkenalkan kepada khalayak agar ada shared learning antar mitra, promosi produk kepada pasar, serta terbangunnya komunikasi dalam rangka mengintegrasikan inisiatif mitra TFCA-Sumatera dengan rencana kerja Pemerintah ditingkat nasional maupun pemerintah daerah.

Kami berharap melalui wadah kegiatan EXPO dengan tema Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera dapat menjadi sarana yang tepat untuk mempertemukan tujuan-tujuan baik tersebut. Selain oleh para mitra TFCA-Sumatera, kegiatan ini akan dihadiri oleh masyarakat umum, perwakilan Kementerian LHK dan UPT di daerah, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, pelaku usaha kehutanan, eksportir hasil bumi, industri bidang pengolahan hasil bumi, lembaga keuangan/perbankan, dan lain-lainnya.

Rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 November 2017 dari pukul 08.00 WIB s/d selesai dan bertempat di Lapangan Merdeka, Sumatera Utara.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan diantaranya :

  1. DIALOG NASIONAL (Keynote Speaker ; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
  2. TALKSHOW I ; POTRET KONSERVASI SUMATERA
  3. TALKSHOW II ; KEBERLANJUTAN PENDANAAN PROGRAM KONSERVASI
  4. SEMINAR/WORKSHOP PEMBELAJARAN DARI MITRA TFCA-SUMATERA
  5. TEMU BISNIS ; Kemitraan Masyarakat-Swasta-Pemerintah
  6. LAUNCHING BUKU (3 Buku Pembelajaran dari Mitra TFCA-Sumatera)
  7. PAMERAN PRODUK
  8. PENANAMAN POHON SERENTAK DI 2 PROPINSI (SUMATERA)
  9. PELATIHAN – PELATIHAN (Kewirausahaan Sosial, Pengelolaan Jasa Lingkungan dll)
  10. WARUNG KOPI (stand umum)
  11. Sepuluh Ribu tanda tangan untuk dukungan gerakan menanam pohon
  12. PHOTO BOOTH
  13. LOMBA PHOTO JURNALISTIK LINGKUNGAN DAN PAMERAN FOTO
  14. LOMBA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI
  15. MASKOT 4 SPESIES KHARISMATIK BERNUANSAKAN ETNIK LOKAL

Semua kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali.

talkshow pementasan teather poster lomba foto