...

FAQ

Tanya jawab seputar siklus hibah spesies karismatik

1. Apakah bisa mengajukan proposal untuk spesies lain di luar gajah?
Khusus untuk siklus hibah 8 ini hanya diperuntukkan bagi spesies gajah sumatra, tidak spesies lain.
2. Apakah bisa mengajukan proposal untuk wilayah lain di luar prioritas namun tetap di Sumatra?
Diutamakan hanya pada lokasi-lokasi yang secara spesifik dicantumkan di dalam RTM sebagai acuan utama dalam siklus hibah ini.
3. Bagaimana bila lembaga tidak berupa LSM atau KSM?
TFCA-Sumatera mengacu pada Kebijakan dan Prosedur Pemberiuan Hibah yang hanya dapat memberikan hibah kepada eligible entity. Diharapkan bekerja sama dengan lembaga-lembaga tersebut dengan membentuk konsorsium atau nota kerja sama. Perguruan Tinggi termasuk dalam kategori eligible entity.
4. Apakah proposal yang dikirimkan harus mengikuti format seperti yang dicontohkan?
Ya, tetapi TFCA-Sumatera memberikan fleksibilitas apabila hal tersebut dapat memberikan nilai lebih dari proposal dan sepanjang tidak menyimpang dari format yang telah digariskan. Hal-hal yang sifatnya mendukung agar dimasukkan dalam lampiran.
5. Apakah pencinta alam bisa mengajukan diri untuk membuat proposal?
Sepanjang mempunyai entitas legal yang diakui di Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
6. Apakah program yang diusulkan harus mengacu pada RTM? Bagaimana bila problem di kawasan tidak sesuai dengan RTM?
Ya. Harus mengacu pada RTM
7. Apakah organisasi yang pernah menerima hibah TFCA-Sumatera masih diperbolehkan untuk mengirimkan proposal di siklus hibah Program Penyelamatan Populasi Gajah Sumatra?
Organisasi atau koordinator konsorsium yang pernah menerima hibah dan sudah selesai menjalankan proyeknya, dapat mengajukan hibah ini. Sedangkan organisasi yang saat ini sedang atau masih menerima pendanaan hibah dari TFCA-Sumatera atau program-program lain dibawah administrasi KEHATI tidak diperkenankan untuk mengirimkan proposal pada siklus hibah ini, kecuali apabila hanya menjadi anggota konsorsium.