...

Elephants of Aek Nauli

Aek Nauli merupakan wilayah Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHTK) seluas 285 ha yang berlokasi di Aek Nauli Simalungun, tak jauh dari kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. Sejak 2016, di kawasan ini telah dibangun Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC). Kawasan ini digagas untuk menjaga kelestarian gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang berstatus konservasi dilindungi disamping untuk kegiatan penelitian dan mendukung daya tarik wisata di Danau Toba.

...
...

Vesswic merupakan mitra TFCA-Sumatera yang terlibat dalam mendampingi pengelolaan gajah jinak yang ada di kawasan. Perawatan, pengobatan terhadap gajah jinak yang sakit, mengontrol asupan hingga menentukan jenis makanan tambahan yang cocok didampingi oleh petugas Vesswic.

...

Di ANECC pengunjung bisa melihat lebih dekat aktivitas gajah di alam bebas. Gajah dibiarkan hidup di hutan secara bebas karena belum ada area khusus untuk habitatnya. Pemulihan kawasan hutan harus segera dilakukan guna mengembalikan komposisi dan struktur vegetasi mendekati kondisi semula sebelum terjadinya gangguan
Pengunjung Aek Nauli Elephant Conservation Camp kini dapat menyaksikan beragam atraksi gajah pada panggung theater, bersentuhan dengan gajah, berfoto, memberi makan sampai mandi bersama gajah yang didampingi oleh mahout/pelatih gajah. Selain itu, pengunjung juga dapat ikut ‘ngangon’ gajah di dalam hutan KHDTK Aek Nauli bersama para mahout.

...
...