...

Pioneering HKm in Tarabintang

Dusun Napasingkam adalah salah satu wilayah yang berada di desa Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasudutan, yangmerupakan bagian dari kawasan hutan lindung Toba Barat. Selama kurang lebih 5 tahun, Yayasan Caritas PSE KAM bekerjasama dengan TFCA Sumatera dan KPH wilayah XII Tarutung mendampingi masyarakat Napasingkam untuk bersama memelihara alam, lewat berbagai kegiatan pelatihan dibidang pertanian, perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Napasingkam Sejahtera.

Masyarakat didampingi untuk mendapatkan Izin Usaha Pemanfaatan HKm (IUPHKm), yaitu izin usaha yang diberikan pada masyarakat setempat untuk memanfaatkan sumber daya hutan pada kawasan hutan lindung dan/atau kawasan hutan produksi selama masa izin 35 tahun. Di Humbang Hasundutan, ada dua kecamatan yang memegang IUPHKm yakni Tarabintang seluas 391 hektare di Dusun Napasingkam dan Pakkat, tepatnya di Desa Parmonangan seluas 884 hektare, dikelola oleh Gapoktan Kami Sakuta. Dari luas itu, 391 hektare hak kelolanya ada pada masyarakat.

Rotan termasuk sumberdaya hutan yang melimpah di kawasan Toba Barat. Memanen rotan sebagai salah satu komoditas Hkm memang tak mudah. Durinya yang panjang menyelimuti seluruh batang dapat membuat seseorang demam jika tertusuk. Karenanya dibutuhkan kehati-hatian dan ketelatenan. Rotan kini menjadi harapan baru bagi masyarakat setempat.

...
...

Keberhasilan dari program yang telah berjalan 5 tahun ini dipublikasikan dalam bentuk Semi Lokakarya yang diadakan di Pendopo Kabupaten Humbang Hasudutan pada tanggal 20 Juni 2019. Namun demikian, masyarakat Napasingkam masih perlu mendapat bimbingan untuk sepenuhnya bisa mandiri dalam mewujudkan motto Masyarakat Sejahtera Hutan Lestari.

...
...
...