...

Social Forestry Show of Force at Tanggamus

Gerakan Perhutanan Sosial khususnya model Hutan Kemasyarakatan sungguh bukan kegiatan yang bisa dianggap sebelah mata. Pada tanggal 8 Februari 2018, sebanyak lebih dari 10.000 anggota HKm di Kabupaten Tanggamus, Lampung menghadiri acara Parade Perhutanan Sosial yang digagas oleh mitra TFCA-Sumatera Konsorsium Kota Agung Utara (Korut) yang dipimpin oleh Fajar Sumantri.

Fajar menyebut tujuan kegiatan parade perhutanan sosial adalah untuk memperkenalkan potensi masyarakat sebagai penjaga dan pengella hutan milik masyarakat Indonesia sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola pemberdayaan dan dengan tetap berpedoman pada aspek kelestarian. Acara ini dipusatkan di lapangan Komplek Perkantoran Pemkab Tanggamus yang dihadiri oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, M. Si, Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, beserta jajaran penting pemerintah lainnya

...
...

Gapoktan di Tanggamus dengan jumlah anggota 22.391 KK mengelola lebih dari 58 ribu ha area Hutan kemasyarakatan (HKm). Samsul Hadi, Bupati Tanggamus, mengapresiasi prestasi sebagai kelompok wana tani terbaik tingkat nasional sebagai yang sudah ditorehkan selama dua tahun berturut-turut oleh kelompok HKm di Tanggamus. Ia berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan hasil dari hutan bukan hanya cengkeh, kopi, lada saja tetapi produk lain juga dapat meningkat.

Pada acara ini, Dandim 0424 Anang Hasto Utomo, dikukuhkan sebagai bapak angkat bagi 40 kelompok tani (poktan) di Tanggamus. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat akselerasi penyelesaian masalah bila terjadi kejahatan hutan.

...
...
...