...

22 Oktober 2020

On the verge of extinction: Joint Efforts to Conserve Sumatran Rhino

Indonesia merupakan habitat dua dari lima spesies badak yang ada di dunia yaitu badak jawa (Rhinoceros sondaicus) dan badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Populasi badak jawa berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Sementara, populasi alami badak sumatera tersebar di beberapa kantong yang terpisah, di hutan Sumatera dan Kalimantan.

Keberadaan dan kelangsungan kehidupan dua jenis badak  ini sangat memprihatinkan.   Jumlah populasinya terus menurun dan habitat mereka pun semakin terdefragmentasi.

TFCA-Sumatera yang merupakan program pengalihan utang untuk lingkungan antara Pemerintah AS dan Pemerintah Indonesia mendapat mandat untuk mengelola dana spesies sebesar 12,6 juta USD.  Di Sumatra,  penyelamatan spesies diletakkan pada penyelamatan 2 jenis satwa payung Sumatra, yaitu Badak dan Harimau, karena tingkat ancaman dan penurunan populasinya sangat tinggi.  Untuk itu serangkaian pertemuan pakar diadakan untuk membahas prioritas penyelamatan satwa-satwa ini.  Salah satunya adalah acara yang diberi judul Diambang kepunahan: Menata Langkah Bersama Melestarikan Badak Sumatera”.

 

 

Masa Depan Badak Jawa dan Sumatra, Bisnis Indonesia, 1 Oktober

SHARE:
Berita lainnya