Lomba Video Pendek: Edukasi dan Kampanye Pelestarian Harimau Sumatera

Print

Global Tiger Day merupakan peringatan yang menjadi momentum para aktifis lingkungan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelangsungan kehidupan Harimau Sumatera. Tahun ini di Indonesia banyak sekali kasus yang melibatkan matinya harimau di alam, sehingga menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak tentang pentingnya perlindungan satwa dan habitat. KEHATI – TFCA-Sumatera bekerjasama dengan Forum Harimau Kita menyelenggarakan perlombaan pembuatan video pendek yang ditujukan untuk edukasi dan kampanye pelestarian harimau Sumatera.  Kegiatan ini  dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Harimau Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 Juli. 

TemaEdukasi dan Kampanye Pelestarian Harimau Sumatera

Tanggal Penting:
1. Pendaftaran dan pengiriman hasil karya video : 21 Juni 2017 – 26 Juli 2017
2. Pengumuman Pemenang : 30 Juli 2017 . Pemenang akan diumumkan melalui media sosial TFCA-Sumatera (website : www.tfcasumatera.org , Fanspage: @tfcasumatera , Instagram : @tfcasumatera , Twitter : @tfcasumatera )

Fokus :
1.  Pentingnya Pelestarian Harimau Sumatera
2.  Ajakan Melindungi Harimau Sumatera beserta Habitatnya

Kriteria Video yang dilombakan:
1.  Durasi video antara 1-3 menit
2.  Jenis video bisa berupa animasi, dokumenter, infografis atau film pendek dengan format high resolution/high definition.
3.  Video yang dikirimkan merupakan karya orisinil peserta dan belum pernah dipublikasikan dan menjuarai perlombaan sebelumnya. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya, score maupun aspek lain dari karya yang dikirimkan dalam kompetisi merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari peserta dan di luar tanggung jawab panitia.
4.  Stock shot bisa berasal dari berbagai sumber (setelah mendapat izin dari pemilik) dengan maksimal 30% dari karya  video yang dikirimkan.
5.  Jika dalam video mencamtukan bahan dan data dari orang atau lembaga lain wajib mencamtukan sumber data yang jelas
6.  Pemberian tanda air (watermark) dalam karya tidak diperkenankan
7.  Panitia berhak menggunakan video peserta selama ditujukan untuk kepentingan edukasi dan kampanye tentang harimau sumatera dengan tetap mencantumkan nama pembuat video
8.  Video yang dikirimkan setelah batas waktu penerimaan, tidak akan disertakan dalam penilaian
9.  Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Syarat dan Ketentuan:
1.  Peserta adalah pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum
2.  Peserta bisa berupa individu atau tim yang dianggap sebagai satu kesatuan
3.  Setiap tim boleh mengirimkan karya sebanyak-banyaknya. Setiap individu/tim hanya berhak memenangkan satu penghargaan.

Cara Pendaftaran:
1.  Peserta mendaftar dengan mengisi formulir yang tersedia  (Unduh formulir di sini)
2.  Pengiriman video lomba dapat dilakukan sejak tanggal pendaftaran tanggal 21 Juni hingga batas akhir penerimaan 26 Juli 2017.
3.  Karya yang dikirimkan ke panitia dapat berupa  video yang dicopy dalam cakram DVD atau link URL youtube video peserta
4.  Pengumuman pemenang tanggal 31 Juli 2017
5.  Peserta dapat mengupload hasil karyanya di youtube peserta sendiri.  Bila diminta, peserta harus dapat menunjukkan dan mempertanggungjawabkan hak kepemilikan maupun  keaslian hak cipta dari video/link yang dikirim.
6.  Imbuhkan caption video dan berikan keterangan bahwa video tersebut untuk diikutkan dalam perlombaan “Global Tiger Day 2017 TFCA-Sumatera & Forum Harimau Kita”. Link dan Formulir Pendaftaran dapat dikirimkan ke email yudha@tfcasumatera.org dengan subyek pengiriman : GTD17_Nama ketua videographer_Judul Video
Contoh : GTD17_Arya Kamandanu_Melestarikan Harimau Sumatera
7.  Atau peserta dapat juga mengirimkan video (dengan format AVI, MOV, atau MP4) langsung bersama Formulir Pendaftaran melalui email yudha@tfcasumatera.org dengan subyek pengiriman : GTD17_Nama ketua videographer_Judul Video
Contoh : GTD17_Arya Kamandanu_Melestarikan Harimau Sumatera
Selanjutnya, Panitia akan  mengupload  video untuk ditayangkan di galeri channel youtube TFCA-Sumatera  (@ TFCA-Sumatera)

Mekanisme Penilaian:
•  Video yang akan diseleksi adalah video yang masuk selambatnya tanggal 26 Juli 2017.
•  Panitia akan menilai   video peserta yang masuk secara serentak pada tanggal 27-29 Juli 2017
•  Peserta yang mendapat like terbanyak akan ditetapkan menjadi juara favorit.  Disarankan untuk mengirim video sesegera mungkin agar lebih besar kemungkinan untuk diakses
•  Pemenang lomba akan diumumkan di media sosial TFCA-Sumatera (Fanspage : @tfcasumatera , Instagram : @tfcasumatera, twitter : @tfcasumatera )
•  Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian adalah sebagai berikut :
1.  Penyampaian pesan : 40%
2.  Komposisi dan artistik : 40%
3.  Orisinalitas ide: 20%

Juara Favorit dinilai berdasarkan jumlah like terbanyak.

Hadiah
Juara I    : Rp 2.250.000,00
Juara II   : Rp 1.500.000,00
Juara III  : Rp 1.000.000,00
Juara Favorit : Rp 1.000.000,00

Informasi lebih lanjut:
Nara hubung: Yudha (yudha@tfcasumatera.org)c HP/WA : 08562862912
Telp : (021) 719 9953, 719 9962

Informasi lengkap tersedia di www.tfcasumatera.org