Selamat Hari Keanekaragaman Hayati

tangkahan

Kegiatan ekowisata di Tangkahan, Sumatera Utara. CRU yang bekerjasama dengan masyarakat lokal memanfaatkan keindahan alam dan kegaitan wisata sebagai daya tarik, hingga masyarakat tidak lagi tergoda untuk mengeksploitasi sumberdaya alam.

Setiap tanggal 22 Mei, dunia memperingati Hari Keanekaragaman Hayati.  Sebuah perayaan yang lebih tepat dimaknai dengan refleksi yang menggugah kesadaran untu menjawab pertanyaan apakah yang telah kita lakukan untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati kita?  Bagaimana cara kita mensyukuri keanekaragaman hayati kita?  Apakah saat ini keanekaragaman hayati telah dikelola secara baik dan berkeadilan?  Bagaimana tanggung jawab kita terhadap generasi penerus kelak?   Masih bayak pertanyaan yang harus kita jawab sendiri atau secara bersama sebagai warga Indonesia maupun warga dunia.

Tema peringatan hari kehati internasional tahun 2017 adalah keanekaragaman hayati dan wisata berkelanjutan.  Mari kita promosikan wisata lokal yang lebih bertanggung jawab dari sisi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Selamat hari keanekaragaman hayati sedunia.