Publikasi

Logo di bawah ini adalah logo resmi TFCA-Sumatera yang digunakan untuk menandai seluruh program, proyek, aktifitas dan komunikasi publik yang memerlukan acknowledgement dari TFCA-Sumatera.

logo tfca sumatera

ARTI LOGO TFCA- SUMATERA

Pada pertemuannya yang ke 7 tanggal 21 Mei 2010, para anggota Oversight Committee (OC) menetapkan nama dan logo resmi TFCA-Sumatera. Program ini disebut Tropical Forest Conservation for Sumatera yang bisa disingkat TFCA-Sumatera atau dalam bahasa Indonesia disebut Aksi Pelestarian Hutan Tropis Sumatera. Penulisan nama lembaga adalah “TFCA-Sumatera” dengan tanda penghubung tanpa spasi antara kata ‘TFCA’ dan ‘Sumatera’.

Logo program TFCA-Sumatera mewakili unsur-unsur manusia, flora dan fauna diatas kurva yang mewakili unsur bumi. Koneksi antar unsur menggambarkan keterkaitan antar elemen yang harmonis . Unsur flora yang digambarkan dalam bentuk pohon besar, mewakili ekosistem hutan. Kurva melengkung melambangkan bentang alam sebagai aset utama dan subyek konservasi untuk dimanfaatkan secara lestari. Gajah mewakili unsur fauna sebagai salah satu satwa kunci yang terancam dan harus dilindungi. Tangan manusia melambangkan intervensi manusia di dalam pengelolaan hutan dan juga melambangkan upaya-upaya penyelamatan lingkungan lewat penanganan segera untuk menyelamatkan hutan Sumatera yang tersisa untuk kesejahteraan rakyat.

Warna hijau dipakai sebagai warna konservasi yang mewakili unsur alam, sedangkan warna merah bata digunakan untuk mewakili unsur tanah sebagai habitat beraneka flora, fauna dan juga manusia.

PENGGUNAAN LOGO

Logo TFCA-Sumatera adalah logo resmi dari program TFCA-Sumatera. Tidak diperkenankan untuk merubah, memodifikasi bentuk, mendistorsi, reinterpretasi atau menyalahgunakan untuk keperluan apapun. Pada situasi tertentu, ukuran, ruang atau visibility dapat disesuaikan dengan media yang ada.

Tropical Forest Conservation Action” pada logo harus tetap ditulis dalam Bahasa Inggris. Di dalam teks dimungkinkan untuk menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia.

File yang tersedia dapat dioptimalisasikan untuk berbagai macam aplikasi, baik untuk keperluan cetak maupun untuk keperluan tampilan elektronik, agar didapat kesatuan sesuai yang telah ditetapkan dalam panduan ini. Tidak diperkenankan menggambar ulang dan merubah bentuk logo ini karena dapat mendistorsi proporsi logo maupun warna.

PANDUAN WARNA

Logo TFCA-Sumatera terdiri dari kombinasi 3 warna yaitu hijau muda, hijau tua dan merah bata. Unsur hijau muda terdapat pada gambar pohon dan tulisan SUMATERA. Unsur hijau tua terdapat pada tulisan TFCA. Sedangkan warna merah bata terdapat dalam tulisan TROPICAL FOREST CONSERVATION ACTION.

Sebagai panduan warna, kode CMYK yang digunakan untuk setiap elemen warna adalah sebagai berikut:

Hijau muda
C:83 M:6 Y:96 K:1

Hijau tua
C:90 M:30 Y:100 K:19

Merah bata
C:27 M:71 Y:75 K:16

PENCETAKAN HITAM PUTIH

Logo hitam putih dapat digunakan ketika teknologi pencetakan atau anggaran tidak cukup untuk pencetakan warna.