Publikasi

Saga Konservasi : Narasi Pelestarian Di Pesisir Barat Aceh

Bercerita tentang kegiatan penataan batas kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil yang dilakukan oleh Yayasan Leuser Internasional (YLI). Tata batas ini menjadi babak baru dalam mengelola kawasan pelestarian alam yang berbentuk gambut tersebut. Selain penataan batas, YLI juga mendirikan Tim Conservation Response Unit (CRU) Trumon. Sebuah tim yang terdiri dari patroli gajah dan manusia untuk melerai konflik manusia-gajah di sekitar SM Rawa Singkil.

selengkapnya Download
Rawa Tarung : Pertarungan Di Rawa Gambut Tripa

Pertarungan bertahun-tahun di Rawa Tripa yang pada akhirnya memenangkan masyarakat sipil untuk mengubah Rawa Tripa menjadi kawasan lindung. Di luar persidangan hukum, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan TFCA-Sumatera melakukan berbagai upaya pelestarian di Rawa Tripa. Saat sengketa hukum di titik didih dan konflik sosial masih menghangat, tim peneliti YEL memberanikan diri menyisir sudut-sudut Tripa untuk mengambil sampel gambut. Hasilnya: Tripa memandam tiga kubah gambut sedalam 8 meter lebih. Ini mebungkam debat kusir tanpa dasar ilmiah dan semakin menegaskan nilai penting Tripa dalam menjaga ekosistem gambut di pesisir barat Aceh. Hingga kini, setelah riau-rendah kasus hukum, YEL bersama masyarakat sekitar tetap mengawal perlindungan Kawasan Lindung Gambut Rawa Tripa. Untuk memperkuat pengelolaan kawasan lindung itu, YEL bersama TFCA-Sumaetra menggelar pemantauan bersama warga, kampanye penyadaran, dan menggulirkan ekonomi alternatif di sekitar Tripa.

selengkapnya Download
Studi Laju Degradasi dan Deforestasi serta Kondisi Tutupan Hutan Melalui kajian Spasial dan data Sekunder di Kawasan TN Sembilang

Studi Laju Degradasi dan Deforestasi serta Kondisi Tutupan Hutan Melalui Kajian Spasial dan data Sekunder di Kawasan Taman Nasional Sembilang dapat dijadikan acuan untuk studi lapangan tentang kondisi tutupan lahan di landskap TN sembilang serta mendapatkan baseline data untuk kegiatan pendampingan, rehabilitasi yang terkait dengan bio-right dan aktivitas monitoring/pemantauan kawasan kedepannya.

selengkapnya Download
Laporan Studi Biofisik dan Sosial Ekonomi pada Landskap Taman Nasional Sembilang

Studi literatur kondisi Biofisik, Sosial dan Ekonomi di Landskap Taman Nasional Sembilang merupakan upaya menggali dan menganalisa informasi sekunder mengenai kondisi biofisik, sosial, dan ekonomi di lanskap TN Sembilang. Studi ini merupakan studi awal dari program “Pengurangan Laju Degradasi dan Deforestasi Hutan dan Lahan Pada Taman Nasional Sembilang (TNS) Melalui Upaya Pengelolaan Landscape Hutan Rawa Gambut dan Mangrove Berbasis Masyarakat di dalam dan sekitar TN Sembilang, oleh Konsorsium Bentang Alam Sembilang Sumatera Selatan (KiBASS) dengan dukungan Tropical Forest Conservation Action For Sumatera (TFCA-Sumatera), yang diharapkan mendapatkan bahan acuan untuk studi lapangan tentang kondisi biofisik, sosial, dan ekonomi masyarakat, serta mendapatkan baseline untuk pelaksanaan kegiatan pendampingan dan bio-rights. Laporan studi ini tidak berdisi sendiri melainkan, menjadi kesatuan dari laporan studi literatur deforestasi dan degradasi lanskap TN Sembilang dan laporan studi literatur biodiversity. Laporan studi ini melingkupi data dasar kecendrungan kegiatan ekonomi masyarakat di dalam dan sekitar TN Sembilang, di bidang yang terkait dengan dengan deforestasi dan degradasi TN Sembilang, dinataranya bidang pertanian tanaman pangan, perkebunan terutama kelapa, dan perikanan terutama tambak. Selain itu laporan ini juga memperhatiakan pembalakan liar dan kebakaran hutan dan lahan.

selengkapnya Download
Pertanian Alami Budidaya Sayuran Alami

Buku ini merupakan petunjuk praktis budidaya pertanian  yang menggali pemahaman  filosofi pertanian yakni mendorong kesehatan tanah dan tanaman, melalui daur ulang limbah atau sisa-sisa tanaman dan kotoran ternak, pengolahan lahan yang tepat.

selengkapnya Download
Merawat Hutan Menjaga Kehidupan

Buku Merawat Hutan Menjaga Kehidupan merupakan buku yang menggambarkan kegiatan mitra siklus hibah pertama TFCA-Sumatera dalam tahun-tahun awal pelaksanaan program. Tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

selengkapnya Download